Minggu, 10 April 2011

MONUMEN TRISULA

Monumen TRISULA adalah sebuah monumen yang terletak di desa Bakung Kecamatan Bakung, 28 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Blitar, dan berdiri di atas tanah seluas lebih kurang 5.625 m2. Monumen tersebut dibangun untuk mengenang peristiwa penumpasan PKI yang ada di Blitar Selatan.
Disebelah monumen terdapat bangunan rumah pedesaan yang dahulunya digunakan sebagai pusat Komando Operasi Trisula pada tahun 1968. Didalam bangunan rumah terdapat foto-foto pelaksanaan Operasi Trisula, yang dilakukan oleh ABRI ( pada waktu itu )

Keberadaan Monumen Trisula menunjukkan betapa gagah dan gigihnya para prajurit patriot bangsa untuk mempertahankan dasar negara kita Pancasila.
Banyak korban berjatuhan dari pihak PKI maupun Tentara kita. Para Pahlawan Trisula terdaftar di badan Monumen Trisula ( bisa dilihat di Monumen Trisula )
Untuk memupuk jiwa patriot bangsa, maka setiap tanggal 14 Agustus bertepatan dengan hari pramuka diadakan dengan "Gerak Jalan Napak Tilas Bakung-Blitar", yang dimulai sekitar pukul 19.00 seusai sholat magrib. Gerak jalan napak tilas ini selalu diberangkatkan oleh bapak Bupati Blitar. Peserta terdiri dari Adik-adik Pramuka Penegak Kab-Kota blitar. Rute perjalanan dimulai dari Monumen Trisula dan finish di taman makam pahlawan Kota Blitar. Jalur yang ditempuh sekitar 33 km, yang 23 km permulaannya adalah jalur pengunugan. Napak Tilas ini memerlukan waktu sekitar 8 sampai 9 jam untuk mencapai garis finish, sehingga kalau berangkat dari start jam 19.00, maka akan sampai di finish sekitar pukul 03.00 atau pukul 04.00 pagi hari.
Sungguh merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Bakung dan sekitarnya.

Oleh.
Ka UPTD Bakung

1 komentar:

Seragam TPA mengatakan...

good story bos

Posting Komentar